Usia Harapan Hidup Penduduk Indonesia Menurun

Usia Harapan Hidup Penduduk Indonesia Menurun
Gambar Ilustrasi

Salah satu kesuksesan suatu negara yaitu ditunjukkan dengan peningkatan usia harapan hidup penduduknya. Banyak negara maju yang menjadikan usia harapan hidup (UHH) sebagai salah satu tujuan pembangunan negara dan indikator kemajuan negara. Hal inilah yang menjadi salah satu pondasi negara-negara maju tetap kokoh dalam persaingan global. Negara-negara berkembang juga mulai mengikuti jejak negara-negara maju. Namun, apakah hal yang sama terjadi pada Indonesia ?

Berdasarkan survey terbaru yang dikeluarkan pada awal tahun 2016 ini, Indonesia sendiri berada pada garis kekhawatiran karena menunjukkan penurunan usia harapan hidup. Tahun 2014 usia harapan hidup penduduk Indonesia mencapai 70,8 tahun dan pada tahun 2015 menurun menjadi 68,9 tahun. Penurunan ini diperkirakan sebagian besar karena faktor kesehatan di Indonesia seperti sanitasi lingkungan, kesehatan makanan, dan pola hidup tidak sehat. Tidak hanya rendah, bahkan usia harapan hidup di Indonesia berada di bawah rata-rata usia harapan hidup di Asia Timur dan Pasifik yang mencapai 74 tahun.

Pemerintah Indonesia diharapkan segera membuat kebijakan yang mampu memberikan dampak positif bagi permasalahan ini. Selain kerja keras pemerintah, hal ini juga harus segera disadari oleh masyarakat Indonesia khususnya untuk bersama-sama peduli terhadap kesehatan yang masih saja menjadi salah satu masalah besar di negeri ini. Hal ini juga harus diwaspadai karena semakin banyaknya persaingan global yang bisa saja membuat warga negara Indonesia “tergusur” di negeri sendiri, apalagi pada tahun 2016 ini sudah dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Back To Top