Sphero Force Band : Kendali Baru Robot BB-8 dari Star Wars

Force Band BB-8 by Sphero
Force Band BB-8 by Sphero

Popularitas film Star Wars : The Force Awakens tidak hanya membuat penggemar film terkagum-kagum, kepopulerannya pula membuat benda-benda dalam film tersebut benar-benar diwujudkan dalam dunia nyata. Setelah akhir 2015 lalu, perusahaan Sphero mengeluarkan mainan robot BB-8 yang sebelumnya hanya digerakkan dengan smartphone, kali ini Sphero merilis Force Band yang bisa menggerakkan robot BB-8 hanya dengan gerakan tangan jika dikenakan pada pergelangan tangan. Sphero Force Band ini dipamerkan dalam Consumer Electronics Show (CES) 2016.

Dengan Force Band ini, kita bisa bagaikan seorang Jedi yang bisa menyuruh dan menggerakkan robot hanya dengan gerakan tangan. Sedikit review kembali tentang robot BB-8, robot bundar ini sebelumnya juga sudah menghebohkan dunia karena perilakunya yang mirip dengan robot di film tersebut. Robot BB-8 ini bisa disuruh untuk patroli keliling ruangan, bermain dengan augmented reality lewat smartphone, dan sekarang sudah bisa dikendalikan dengan Force Band. Robot bundar ini bergerak dengan menggelinding kemana saja diinginkan. 

Di CES 2016 ini, prototype dari Force Band yang ditampilkan dan pengunjung sudah bisa mencobanya. Walaupun masih berupa prototype, fungsi yang dijanjikan Sphero sudah hampir terlaksana semuanya. Force Band cukup sensitif dalam mendeteksi gerakan tangan dan bisa langsung menerjemahkannya sebagai input perintah yang langsung dijalankannya. Meski terlihat sudah siap, namun Sphero Force Band ini baru akan dirilis pertengahan sampai menjelang akhir tahun 2016. Sementara ini ada dua versi Force Band yang direncanakan, yaitu warna putih dan hitam.
Tag : Inovasi, Techno
Back To Top