Meditasi : Manfaat dan Cara Melakukannya Dengan Benar

Meditasi
Meditasi

Meditasi merupakan salah satu jenis teknik relaksasi yang berfokus dengan cara melepaskan semua beban pikiran, baik dari hal yang mencemaskan atau menyenangkan. Meditasi dilakukan dengan pengaturan nafas. Meditasi juga dikenal dengan sebutan semadi sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu yang dipraktikkan lewat Yoga dan merupakan praktik olah pernafasan yang bertujuan untuk memperoleh ketenangan pikiran. 

Dalam Yoga atau juga dikenal pranayama sama halnya dengan meditasi yaitu sebuah aktivitas yang dilakukan dengan melepaskan semua beban dalam pikiran dan fokus pada ketenangan dan dalam yoga biasanya di ikuti gerakan-gerakan tertentu. Terlepas dari perbedaan meditasi dengan yoga, keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk memperoleh ketenangan pikiran sehingga terlepas dari beban dalam pikiran sehingga berdampak pada psikis maupun fisik.

Walaupun tampak sederhana, meditasi ini memberikan manfaat besar. Berikut manfaat meditasi berdasarkan survey dari Consumer Report and the American Psychological Association dan dari hasil penelitian yang dilakukan di Universitas California, yaitu sebagai berikut :
  1. Mengurangi stres dan beban dari permasalahan hidup.
  2. Mengurangi perasaan cemas, depresi, dan emosi negatif.
  3. Menyeimbangkan tekanan darah dan berat badan.
  4. Melancarkan peredaran darah.
  5. Meningkatkan daya ingat.
  6. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Sebelum memulai meditasi sebaiknya lakukan persiapan seperti pemilihan lingkungan yang tenang dan nyaman, penggunaan pakaian yang nyaman, dan antisipasi kemungkinan gangguan saat akan melakukan meditasi. Meditasi dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Duduk dengan tenang dengan posisi bersila, letakkan tangan di atas lutut atau pada bagian paha.
  2. Fokuskan pikiran pada satu titik, lepaskan semua beban yang melibatkan pikiran.
  3. Atur pernafasan dan biarkan berjalan mengalir tanpa beban
  4. Setelah mencapai ketenangan penuh, tarik nafas dalam-dalam lalu tahan beberapa detik, kemudian lepaskan secara berlahan-lahan dan rasakan setiap hembusan nafas.
  5. Lakukan kegiatan ini dengan optimal untuk memberikan manfaat terbaik.
  6. Lama meditasi tergantung kemampuan masing-masing individu dalam memperoleh ketenangan. Untuk pemula disarankan memulai dengan waktu yang tidak terlalu lama (memaksakan diri).

Meditasi ini sebaiknya dilakukan secara rutin dan dimasukkan dalam jadwal aktivitas harian. Seseorang yang rutin melakukan meditasi biasanya memperoleh manfaat lebih optimal dibandingkan yang melakukan meditasi secara tidak teratur.
Tag : Health, Lifestyle
Back To Top